Agar Tetap Sehat dan Semangat dalam Bekerja, Lakukan 4 Hal Ini!

 

Melakukan pekerjaan rutin sehari-hari sudah pasti menguras tenaga dan pikiran. Tidak jarang kita mengabaikan sinyal tubuh yang sudah meminta untuk istirahat. Bahkan, demi mengejar target pekerjaan, banyak di antara kita yang melewatkan jam makan, baik ketika sarapan maupun makan siang. Padahal makan pada saat pagi dan siang hari ini sangat berperan dalam mendukung produktivitas kerja.

Nah, agar tetap sehat dan selalu semangat dalam bekerja, ada 4 hal sederhana yang bisa kita lakukan.

  1. Istirahat yang Cukup

Untuk mengembalikan kebugaran tubuh setelah bekerja seharian, kita butuh istirahat yang cukup. Istirahat yang baik adalah tidur. Menurut penelitian, tidur yang ideal pada malam hari itu selama 6—8 jam. Namun, tidur yang berkualitas adalah tidur yang sangat pulas dan memberikan kesegaran tubuh saat bangun pada pagi hari.

  1. Makan yang Teratur

Sebagian besar orang Indonesia makan 3 kali sehari, pagi, siang, dan sore/malam. Jam-jam makan ini sebaiknya tidak ada satu pun yang dilewatkan. Asupan gizi ketika kita sarapan dapat memberikan energi untuk melakukan pekerjaan pada siang hari. Ketika siang, energi kita berkurang dan perlu ditambah dengan asupan gizi yang diperolah dari makanan pada saat kita makan siang. Kita pun memiliki energi lagi untuk melakukan kegiatan hingga sore hari. Walaupun, pada malam hari kita tidak melakukan kegiatan lagi, tetap makan malam tidak boleh diabaikan. Karena tubuh pun butuh nutrisi untuk meregenerasi sel agar pada pagi hari tubuh kembali bertenaga dan siap untuk bekerja kembali.

  1. Olahraga yang Teratur

Olahraga sangat baik untuk membantu tubuh membakar simpanan lemak. Melakukan olahraga tidak harus yang berat-berat. Cukup dengan berjalan kaki setiap pagi selama 20—30 menit. Jika tidak sempat melakukannya, banyaklah bergerak ketika sedang berada di kantor. Misalnya, parkirlah kendaraan di tempat yang agak jauh, sehingga untuk sampai di ruangan, Anda berjalan kaki cukup jauh. Pilih berjalan menggunakan tangga daripada menggunakan lift.

  1. Minum Air Putih yang Cukup

Keberadaan air dalam tubuh manusia sangat penting. Air menjadi komponen utama sel tubuh. Air juga sangat berperan dalam darah, cairan lambung, hormone, enzim, dan otot. Selain itu, air pun membantu transportasi oksigen dalam tubuh dan menjadi media transportasi bagi gas karbondioksida saat mengeluarkan napas. Karena itu, jangan sampai kita mengalami dehidrasi. Bagi orang dewasa, sangat dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8—12 gelas per hari.

Informasi lebih lengkap tentang cara menjalani hidup sehat bisa Anda peroleh di buku Sehat itu Sederhana karya Christopher Emille, Adeline Windy, & Ahmad Kholil.

 

sehat itu sederhana fmedia

Tinggalkan Balasan