Jangan Takut, Diabetes Dapat Dikendalikan Lakukan 4 Hal Ini!

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang  bisa menimbulkan komplikasi penyakit lainnya, sehingga bisa mengurangi produktivitas seseorang. Namun, hal ini tidak akan terjadi jika diabetesi mampu mengendalikannya sejak awal. Bagaimana cara mengendalikan penyakit diabetes?

Konsumsi Makanan  dengan Nilai IG (Indeks Glikemik) Rendah

Makanan dengan IG rendah cenderung lebih lambat dicerna dan diserap tubuh sehingga memperlambat peningkatan kadar glukosa dalam darah. Beberapa bahan makanan yang memiliki nilai IG rendah di antaranya sayuran, buah-buahan, beras merah, beras cokelat, dan gandum.

 

Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah

Untuk diabetesi, sayuran dan buah bisa dikonsumsi dalam bentuk jus. Pembuatan jus sebaiknya menggunakan blender agar bagian seratnya ikut terminum. Jus harus diminum segera setelah diblender. Dalam pembuatan jus juga sebaiknya tidak menambahkan gula.

 

Perhatikan Makanan yang Dianjurkan dan Dibatasi

Peningkatan kadar gula darah sangat tergantung dari makanan yang kita konsumsi. Karena itu, seorang diabetesi wajib memperhatikan pilihan makanannya. Beberapa bahan makanan yang dianjurkan untuk diabetesi di antaranya nasi merah, ikan, ayam tanpa kulit, putih telur ayam, kacang-kacangan, avokad, dan minyak zaitun. Bahan makanan yangharus dibatasi di antaranya gula, susu kental manis, manisan buah, kuning telur ayam, makanan siap saji, gorengan, ikan asin, dan makanan yang diawetkan.

 

Atur Jenis, Jumlah, dan Waktu Makan

Diabetesi harus tahu jenis makanan yang boleh dikonsumsinya, seperti yang diuraikan sebelumnya. Selain itu, jumlah makanan pun harus diperhatikan, yaitu disesuaikan dengan kebutuhan kalori. Waktu makan juga harus teratur. Sebaiknya waktu makan mencakup 3 kali makan utama (makan pagi, siang, dan malam) serta 2 kali makan selingan (selingan pagi dan selingan sore). Membagi makanan menjadi beberapa porsi dengan frekuensi lebih sering dinilai lebih efektif dalam menjaga kadar glukosa darah tetap normal.

 

Informasi tentang diabetes menyangkut jenis diabetes, gejala, faktor penyebab, upaya pencegahan, dan upaya pengobatan ada dalam buku Sembuh dari Diabetes Tanpa Obat, karya Durotul Jauhariah, S.Gz. dan Yunita Indah Prasetyaningrum, S.Gz., MPH. Selain itu, buku ini pun menyajikan berbagai menu harian dan jus untuk diabetesi baik untuk diabetesi tanpa dan dengan penyakit sekundernya.

 

 

Tinggalkan Balasan