Kerenyahan Gorengan yang Menyimpan Bahaya

 Sumberfoto: http://www.indonesia.travel/

Saat ini banyak industri makanan yang kurang memperhatikan kesehatan dan keamanan produknya. Beberapa industri besar maupun rumahan masih menambahkan bahan pengawet dan bahan kimia berbahaya, seperti boraks, formalin, atau pewarna tekstil ke dalam produk makanannya. Hal ini tentu berakibat fatal bagi kesehatan konsumennya.

Ada beberapa makanan yang sering kita konsumsi, tetapi ternyata berdampak buruk bagi kesehatan. Misalnya gorengan, salah satu makanan favorit yang enak dan murah. Tahukah Anda bahwa konsumsi gorengan yang berlebih dan terus-menerus dapat meningkatkan risiko obesitas. Tidak hanya itu, gorengan juga dapat memicu penyakit jantung koroner dan kanker.

Selain gorengan, nugget menjadi contoh lain dari makanan yang patut diwaspadai. Nugget sering menjadi menu andalan saat sedang terburu-buru. Teknik memasak yang praktis dan rasanya yang lezat, membuat nugget menjadi favorit semua orang. Namun, dibalik kelezatannya, nugget juga dapat mengancam kesehatan kita.

Nugget mengandung garam NaCl dan Na-tripolifospat (STPP) yang mengindikasikan bahwa produk ini termasuk tinggi natrium. Padahal, natrium merupakan faktor utama terjadinya hipertensi yang dapat memicu penyakit jantung dan pembuluh darah, serta kematian pada usia muda.

Lalu bagaimana solusinya? Mudah, cukup kurangi konsumsi makanan yang digoreng dengan banyak minyak. Jika ingin menggoreng sendiri, gunakan minyak sayur dan perhatikan suhu penggorengan. Usahakan tidak lebih dari 180 oC. Jangan lupa setelah menggoreng, tiriskan hingga minyak yang tersisa sedikit.

Intinya, waspadai makanan enak di sekitar kita. Jika tetap ingin mengonsumsinya, batasilah jumlah dan perhatikan bahan yang digunakan. Namun, akan lebih baik jika kita dapat membuatnya sendiri di rumah agar lebih higienis, aman, dan tentu saja menyehatkan.


enak-sihBanyak makanan enak yang beredar di sekitar kita mulai dari gorengan, junk food, kue manis, sampai lauk bakar. Sayangnya, banyak dari makanan tersebut yang berbahaya bagi kesehatan. Buku enak sih, tapi… karya Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz ini mengulas berbagai makanan favorit, tetapi membahayakan kesehatan. Tidak hanya bahayanya yang diulas, solusi, dan resep sehatnya pun tersedia bagi Anda.

Tinggalkan Balasan