MP-ASI Satay Lilit Ayam

22 Satay-Lilit-Ayam-head

Sejak lahir hingga usia 6 bulan, seorang bayi cukup mendapatkan ASI sebagai makanan terbaiknya. Menginjak usia 6 bulan, bayi mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau sering disebut MP-ASI. Pada dua minggu pertama, MP-ASI cukup dibuat dari satu jenis bahan makanan per satu kali makan. Misalnya dibuat dari kentang, wortel, brokoli, atau avokad. Pada usia 6 bulan 2 minggu hingga usia 9 bulan, MP-ASI mulai dibuat dari beragam bahan makanan. Misalnya campuran kentang, wortel, dan brokoli yang diambil dari sup, kemudian dilumatkan atau disaring menggunakan saringan kawat.

MP-ASI sebaiknya dibuat sendiri menggunakan bahan makanan lokal yang mudah ditemukan di sekitar tempat tinggal. Sesuai rekomendasi dari WHO, MP-ASI sebaiknya dibuat sesuai dengan menu makan keluarga. Banyak keuntungan yang diperoleh dengan membuat MP-ASI dari menu keluarga. Pertama, praktis karena tinggal mengambil dari makanan yang sedang kita masak, tidak perlu memasak terpisah. Kedua, hemat karena tidak banyak bahan MP-ASI yang terbuang percuma. Ketiga, membangkitkan semangat anak untuk makan karena jenis makanan yang dikonsumsinya sama dengan makanan orangtuanya.

Membuat MP-ASI dari menu keluarga tetap harus memperhatikan “aturan mainnya”. Mengambil bahan untuk MP-ASI harus dilakukan sebelum memasukkan gula, garam, rempah, atau bumbu berbau menyengat lainnya. Tentu saja bahan yang diambil sudah matang.

Selanjutnya, bahan makanan yang diambil dari menu keluarga ini diproses sesuai dengan umur bayi. Jika usianya 6 bulan 2 minggu hingga 9 bulan, bahan makanan tersebut disaring atau dilumatkan menggunakan saringan kawat. Namun, jika usianya 9 bulan hingga 12 bulan, bahan makanan cukup dipotong-potong menjadi ukuran yang kecil-kecil.

Ketika Bunda ingin membuat MP-ASI dari menu keluarga, perhatikan beberapa tip berikut ini.
– Hindari pemanasan setelah mencampurkan ASI perah ke dalam makanan bayi karena akan merusak nilai gizinya.
– Gunakan talenan dan pisau yang bersih untuk mencincang bahan MP-ASI. Gunakan dua wadah berbeda saat memasak untuk menghindari tercampurnya bumbu yang berbau tajam, gula, dan garam.
– Untuk mengencerkan MP-ASI yang terlalu kental, gunakan ASI atau air kaldu agar makanan bayi tetap padat gizi.

Bunda, mau mencoba menyajikan MP-ASI yang dibuat dari menu keluarga? Yuk, intip resep satay lilit ayam ini.

Bahan
200 gram atau 4 potong daging ayam ukuran sedang, giling
100 gram atau ½ gelas udang giling atau 
daging cumi cincang halus
2 sdm santan kental
1 sdm gula pasir

½ sdt garam
3 sdm minyak goreng, untuk menumis
10 batang serai, untuk tusukan

Bumbu yang Dihaluskan
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri, sangrai
¼ sdt ketumbar

Cara Membuat
1. Campurkan daging giling, udang giling, dan santan, sisihkan.
2. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Masukkan ke dalam campuran daging ayam. Aduk hingga tercampur rata.
3. Sisihkan sebagian adonan untuk MP-ASI. Ambil satu sendok 
makan adonan, lilitkan ke batang serai sambil dikepal-kepal agar padat. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan untuk MP-ASI habis.
4. Untuk disajikan kepada keluarga: tambahkan gula dan garam ke dalam sisa adonan daging ayam. Aduk hingga tercampur rata.
5. Ambil dua sendok makan adonan ayam, lilitkan ke ke batang serai sambil dikepal-kepal agar padat. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis. Olesi semua permukaan satay lilit dengan mentega. Panggang dalam oven hingga matang, angkat, sajikan

Biasanya satay lilit diolah dengan cara dibakar. Pada resep ini satay lilit diolah dengan cara dipanggang untuk menurunkan risiko pembentukan zat karsinogenik. Zat karsinogenik ini diketahui banyak ditemukan pada arang yang menempel di makanan yang dibakar. Zat ini cukup berbahaya, karena dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit degeneratif. Selain itu, satay lilit yang dipanggang akan lebih empuk dibandingkan dengan satay yang dibakar. Karena itu, makanan ini cocok dijadikan fingerfood untuk bayi. Selamat mencoba!


bikin-mp-asi-dari-menu-keluargaTidak hanya satay lilit, resep MP-ASI dari menu keluarga lainnya dapat Anda temukan dalam buku Bikin MP-ASI dari Menu Keluarga dari Almira Sitasari, S.Gz, MPH & Ika Isnaeni, ST. Tidak hanya resep, berbagai hal seputar MP-ASI dijelaskan secara terperinci.

 

Tinggalkan Balasan