Tip Menghilangkan Bau Amis pada Ayam

Ayam-Betutu

Masakan ayam selalu menjadi menu favorit keluarga. Ada beberapa alasan mengapa masakan ayam lebih disukai ketimbang masakan daging sapi atau kambing. Salah satunya karena rasa ayam yang lebih gurih dan teksturnya yang empuk. Harga daging ayam juga terjangkau oleh semua kalangan masyarakat sehingga banyak ibu yang menyajikan masakan untuk menu sehari-hari.

Ketika akan mengolah ayam, sering kali para ibu menemui masalah pada bau ayam yang amis. Ayam memang memiliki bau khas yang cenderung amis. Memang tidak separah bau amis pada ikan, namun cukup mengganggu saat pengolahan ayam. Berikut tip untuk menghilangkan bau amis pada ayam.

1. Menggunakan air jeruk nipis atau jeruk limau. Caranya, cuci ayam hingga bersih, lalu lumuri dengan garam dan perasan air jeruk nipis atau air jeruk limau. Diamkan selama 15—20 menit, cuci kembali.
2. Menggunakan air asam jawa. Caranya, cuci ayam hingga bersih, lalu lumuri dengan air asam jawa. Diamkan selama 30 menit, cuci kembali.
3. Menggunakan jahe. Caranya, cuci ayam hingga bersih. Parut 5 cm jahe, lalu balurkan ke seluruh bagian ayam. Diamkan selama 30 menit, lalu cuci kembali hingga bersih.
4. Menggunakan tepung terigu. Caranya, cuci ayam hingga bersih, lalu taburi dengan tepung terigu. Pastikan semua bagian tertutup rata. Diamkan selama 20 menit, lalu cuci kembali.

5. Menggunakan cuka. Caranya, cuci ayam hingga bersih. Lumuri dengan cuka dan diamkan selama 30 menit. Cuci kembali hingga bersih.
Setelah bau amis hilang, Anda dapat mengolahnya menjadi masakan ayam favorit keluarga. Berikut salah satu resep masakan ayam yang dapat Anda coba.

Ayam Betutu
Bahan
1 ekor ayam ukuran sedang
1 buah jeruk nipis, peras airnya
1 sdm garam
4 batang serai, iris halus
1 ikat daun singkong, rebus
5 lembar daun jeruk
Daun pisang secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan
10 siung bawang merah
8 siung bawang putih
15 buah cabai merah keriting
4 cm kunyit, bakar
1 sdm terasi bakar
1 sdt ketumbar
4 cm jahe
3 cm lengkuas
2 sdt garam
2 sdm irisan gula merah

Cara Membuat
1. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis dan garam, biarkan selama 15 menit, sisihkan.
2. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Tambahkan serai, aduk rata, angkat. Bagi bumbu yang sudah ditumis menjadi dua bagian.
3. Campurkan satu bagian bumbu dengan daun singkong dan daun jeruk, aduk rata. Lumurkan sisa bumbu ke seluruh permukaan ayam.
4. Masukkan daun singkong berbumbu ke dalam rongga ayam. Bungkus dengan daun pisang.
5. Kukus hingga matang, angkat. Bakar ayam hingga kecokelatan, angkat. Sajikan dengan cara membelahnya.

Resep ini dapat disajikan untuk 8 porsi dengan kandungan gizi per porsi:
Energi : 194,1 kcal
Protein : 14,8 gram
Lemak : 12,7 gram
Karbohidrat : 5,4 gram

Selamat mencoba!


masakan-ayam1Resep masakan ayam lainnya dapat Anda temukan dalam buku Masakan Ayam dari Dewi Windiani dan Diah Ari. Beragam cara pengolahan mulai dari goreng, bakar, tumis, kuah, hingga pepes tersaji dalam buku ini.

 

Tinggalkan Balasan