Dextral Obat Apa? Pahami Kegunaan, Dosis, dan Efek Sampingnya

Dextral Obat Apa

Flu merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus atau benda asing di saluran pernapasan. Flu berkembang dari gejala-gejala flu seperti batuk, demam, dan hidung tersumbat yang dibiarkan begitu saja.

Agar aktivitas sehari-hari Anda tetap berjalan meski gejala flu menyerang tubuh, mengonsumsi makanan bergizi terkadang belum juga cukup. Karena itu, penggunaan obat dextral bisa menjadi solusinya.

Dextral obat apa itu? Dextral terdiri dari 4 kandungan bahan aktif di dalamnya yaitu dextromethorphan HBr, glyceryl guaiacolate, phenylpropanolamine HCl, dan chlorpheniramine maleate atau CTM yang efektif untuk meredakan gejala flu yang disertai batuk, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan demam.

Obat ini masuk golongan obat bebas terbatas yang bisa Anda dapatkan di apotik atau toko obat resmi dan digunakan tanpa resep dokter.

Meski begitu, pemberian dextral pada ibu hamil dan menyusui tetap harus melalui petunjuk dokter untuk menghindari peningkatan risiko efek sampingnya. Chat dokter online sekarang untuk mendapat informasi tersebut lebih lanjut melalui aplikasi KlikDokter.

Kegunaan Dextral

Dextral adalah obat kombinasi yang berguna untuk membantu meredakan gejala flu seperti bersin-bersin yang disertai batuk (termasuk batuk kering), hidung tersumbat, demam, reaksi alergi, dan pusing. Obat ini termasuk jenis obat antitusif, antihistamin, dekongestan, dan mempunyai efek ekspektoran.

Kandungan dan Cara Kerja Dextral

Dextral bekerja sebagai pereda gejala flu yang disertai batuk, termasuk batuk kering. Obat ini tidak menyembuhkan atau mempercepat proses penyembuhan penyakit, hanya membantu meredakan gejala sementara aja.

Dextral memuat 4 kandungan bahan aktif yang bekerja sama dengan khasiat masing-masing, yaitu:

  • Dextromethorphan HBr adalah obat golongan antitusif yang membantu menekan batuk, termasuk batuk kering, dengan cara menstimuli area otak yang menjadi pemicu batuk.
  • Glyceryl guaiacolate adalah obat dengan efek ekspektoran yang berfungsi membantu meredakan batuk, khususnya pada batuk kering. Obat ini bekerja dengan meningkatkan produksi dahak dan melancarkan keluarnya dahak dari saluran pernapasan.
  • Phenylpropanolamine HCl mempunyai efek nasal dekongestan yang membantu melegakan hidung tersumbat dengan cara menyempitkan pembuluh darah yang membesar saat gejala flu menyerang.
  • Chlorpheniramine maleate atau CTM sebagai antihistamin berperan dalam membantu meredakan alergi yang mengikuti gejala flu dengan cara mengurangi produksi histamin berlebih dalam tubuh.

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Dextral

Dextral memuat bahan aktif CTM yang mempunyai efek sedatif atau memicu kantuk. Karena itu, penggunaan obat dextral harus hati-hati bagi Anda yang sering berkendara setiap harinya.

Ada pula beberapa peringatan yang perlu Anda perhatikan sebelum mengonsumsi dextral, yaitu:

  • Jika Anda mempunyai riwayat gangguan ginjal, liver, glaukoma, hipertiroid, retensi urin, debil, pembengkakan prostat, hipertensi, stroke, dan hipoksia maka bicarakanlah dengan dokter terlebih dahulu.
  • Jika Anda adalah lansia atau mengalami obesitas, bicarakan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan dextral.
  • Konsultasikan ke dokter jika Anda sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil atau menyusui. Begitu pula pemberian dextral pada anak di bawah usia 6 tahun.

Dextral untuk Ibu Hamil dan Menyusui, Aman?

Anda perlu berdiskusi dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi dextral saat sedang hamil atau menyusui. Sebab, obat dextral bagi ibu hamil memiliki potensi risiko sangat besar mengingat FDA (Food and Drug Administration) menyatakan bahan aktif dextromethorphan dan phenylpropanolamine termasuk kategori C bagi ibu hamil.

Obat kategori C berarti studi pada hewan menunjukkan adanya efek buruk pada fungsi organ atau bentuk janin. Studi terkontrol pada manusia untuk dextral masih belum ditemukan.

Lalu, belum diketahui pula apakah dextral memberi pengaruh signifikan terhadap produksi ASI pada ibu hamil. Namun, bahan aktif CTM pada dextral dikategorikan B yang artinya obat bisa terserap ke dalam ASI.

Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan dextral saat hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter untuk mendapat petunjuk dosis dan aturan pakai yang aman.

Dosis dan Aturan Pakai Dextral

dextral tablet
dextral kaplet

Terdapat 3 sediaan bentuk dextral yaitu kaplet, sirup, dan kapsul dengan rincian kandungan masing-masing sebagai berikut:

  • Dextral kaplet mengandung dextromethorphan HBr 10 mg, glyceryl guaiacolate 50 mg, phenylpropanolamine HCl 12.5 mg, chlorpheniramine maleate (CTM) 1 mg.
  • Dextral sirup mengandung dextromethorphan HBr 10 mg, glyceryl guaiacolate 50 mg, phenylpropanolamine HCl 12.5 mg, chlorpheniramine maleate (CTM) 1 mg.
  • Dextral Forte bentuk kapsul terdiri dari dosis kandungan yang lebih besar yaitu dextromethorphan HBr 15 mg, glyceryl guaiacolate 75 mg, phenylpropanolamine HCl 15 mg, chlorpheniramine maleate (CTM) 2 mg.

Untuk penggunaan dextral tanpa resep dokter, harus memperhatikan petunjuk pemakaian yang tertera pada kemasan. Secara umum, dosis dan aturan pakai dextral berdasarkan bentuk dan usia, yaitu:

  • Dewasa
    Dextral kaplet: minum 3 kali sehari sebanyak 1 kaplet.
    Dextral kapsul: minum 3 kali sehari sebanyak 1 kapsul.
    Dextral sirup: minum 3 kali sehari sebanyak 1 sendok teh.
  • Anak-anak usia 6-12 tahun
    Dextral kaplet: minum 3 kali sehari sebanyak ½ kaplet.
    Dextral sirup: minum 3 kali sehari sebanyak ½ sendok teh.

Efek Samping Dextral

Beberapa efek samping berikut mungkin akan muncul selama mengonsumsi dextral, yaitu:

  • Mengantuk
  • Mulut, tenggorokan, dan hidung kering
  • Mual
  • Muntah
  • Nafsu makan berkurang
  • Retensi urin

Segera hentikan pemakaian dextral dan hubungi dokter jika efek samping semakin parah seperti iritasi, serangan jantung, vertigo, dan epilepsi.

Hindari Penggunaan Bersama Obat Lain

Obat dextral juga tidak boleh digunakan bersamaan dengan obat indomethacin, amantadine, monoamine oxidase inhibitors (MAOI), dan minuman alkohol.

Sumber lain:
https://www.sdrugs.com/?c=drug&s=dextral
https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Guaifenesin#section=Therapeutic-Uses

About the Author: Fmedia